7 Hal dari Perbuatan Sepele yang Bisa Membatalkan Puasa

Posted on

ini iklan paragraph 2

7 Hal Sepele yang Bisa Membatalkan Puasa  – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, ditambah lagi umat Islam di seluruh dunia diwajibkan beribadah Puasa. Nah, berbicara tentang Puasa banyak sekali pantangan yang harus kita lalui. Bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, akan tetapi hal yang berbau negatif juga. Meski merasa sudah bisa melalui pantangan tersebut, ternyata ada beberapa hal sepele atau tanpa kita sadari bisa bikin kita batal puasa loh, penasaran?  

Berikut 7 Hal Dari Perbuatan Sepele Yang Bisa Membatalkan Puasa:

1. Melihat Postingan Makanan 

Pasti kamu masih masih belom bisa ya berpuasa dengan mengurangi aktivitas di media sosial? faktor kecanduan gadget ini yang susah di kurangi dan kelihatannya sih sepele, padahal cuma bermain dengan gadget trus buka aplikasi Instagram atau facebook, tiba-tiba lihat postingan makanan. Karena saking tertariknya dengan postingan itu sampai terbayang di pikiran kita dan akhirnya nelen ludah. Yah batal deh, padahal buka puasa tinggal beberapa menit lagi.

2. Meludah

Bukan hanya hal sepele seperti nelen ludah karena lihat postingan makanan yang bisa bikin batal puasa, meludah pun bisa juga bikin batal lho! Karena saat kita meludah, secara tidak langsung ludah kamu bakal tertelan lagi dan bisa-bisa mengurangi nilai puasa kamu.

3. Kemacetaan

Hal memang sering terjadi saat kita berkendara di jalan kemudian terjebak macet. Kemacetan memang bener-bener menguji kesabaran kita, tapi sering kali kita lupa kalo udah terjebak pasti kita bersungut-sungut ke pengendara yang lain karena pengen buru-buru cepet sampai. 

Baca Juga: 7 Menu Buka Puasa Yang Paling Nikmat Dan Wajib Ada !

Belum lagi macet menjadi ujian kita untuk melawan hawa nafsu kita, misalnya ada cewek cantik pakai rok kemudian lewat di depan kita? yakin dan percaya pasti kamu ga bisa tahan buat ngelihat atau cepet-cepet ngalihin perhatian kan?  

4. Tidur

Tidurnya orang berpuasa adalah Ibadah, selain mendapat pahala amalannya pun akan di lipatgandakan. Hal tersebut menjadikan jurus andalan nahan puasa sembari menunggu magrib tiba. Meskipun demikian, ternyata tidur bisa juga membatalkan puasa lho, apalagi tidur kemudian sampai mimpi basah? bisa-bisa puasamu batal.

5. Nonton Tv 

Kenapa nonton Tv bisa membatalkan puasa? Jelas, tanpa sengaja kita menonton adegan romantis seperti sinetron atau model artis yang memakai busana fulgar kemudian melakukan kissing itu bisa saja menghilangkan pahala puasa kita. Apalagi nonton perdebatan di Tv sampai kita pun ikut tersinggung itu juga bisa bikin puasa kita batal. Memang hal sepele sih, maka dari itu kalo bisa saat kita berpuasa cari aktivitas yang positif ya. 

6. Galau

Galau ternyata bisa mengurangi pahala puasa kita, apalagi saat galau kemudian kita sampai nangis karena ingat mantan atau ga bisa ketemu sama pacar. Galau seperti itu sih bisa bikin batal puasa.

7. Menagih Hutang  

Menagih hutang memang hak kita untuk mereka yang  memiliki hutang diharuskan membayar. Ternyata, hal sepele seperti bisa membatalkan puasa ketika kita menagih hutang di waktu yang bukan ditentukan. Misalkan kamu menghutangkan hari senin kemudian kamu memiliki kesepakatan waktu yang di tentukan sama pengutang untuk membayarnya di hari senin depan, ternyata kamu malah menagihnya di hari sabtu atau hari minggu. Jelas, diluar kesepakatan bisa menyakiti orang yang memiliki hutang tersebut. Apalagi kamu menagihnya di waktu bulan puasa, bisa bisa bikin batal puasa.

Baca Juga: 5 Tips Menagih Hutang Paling Jitu

Sebaliknya, bagi kamu yang justru meringankan beban saudaramu dengan membayar hutangnya, di akhirat kamu akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan suatu kebahagiaan karena kamu akan memiliki banyak saudara.

Baca Juga: 8 Kegiatan Sepele Yang Menjadikanmu Makin Pintar

Nah, itu tadi tujuh hal perbuatan sepele yang ternyata tanpa kita sadari bisa membatalkan puasa. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Jangan lupa share dan beri pendapatmu ya.  

(source)

iklan bawah artikel

Itulah postingan tentang 7 Hal dari Perbuatan Sepele yang Bisa Membatalkan Puasa, semoga saja dapat memberikan manfaat kepada pengunjung web ini
Terimakasih…:-)

Source link